Skip to content

DPRD Kota Madiun Punya Tujuh Fraksi

SETWAN – Komposisi fraksi di DPRD Kota Madiun terbentuk. Total ada tujuh fraksi yang diumumkan melalui rapat paripurna internal kemarin (30/8). Hasilnya, lima partai politik (parpol) memastikan membentuk fraksi mandiri. Antara lain, PDIP, Demokrat, Perindo, Gerindra dan PKB. Khusus PKB, mereka digabungi oleh PPP.
Di luar itu, lima parpol lainnya peraih kursi di DPRD membentuk dua fraksi gabungan. Misalnya, Golkar, PSI dan Nasdem bergabung dalam Fraksi Mantab (Madiun Bermartabat) yang mempunyai kekuatan lima kursi. Serta, PKS dan PAN sepakat berkoalisi dalam balutan Fraksi PKS-PAN dengan jumlah keterwakilan tiga kursi.
Dalam rapat paripurna internal yang dipimpin oleh ketua DPRD sementara, Andi Raya Bagus Miko Saputro itu juga diumumkan susunan anggota fraksi. Seperti Fraksi PDIP diketuai oleh Sutardi. Dia dipasrahi oleh partai menggantikan posisi yang dulunya (2014–2019) pernah dipegang Andi Raya Bagus Miko Saputro. ‘’Wakil ketua fraksi PDIP adalah Andi Raya dan sekretarisnya adalah Dodik Danang Setiawan,’’ terang Sekretaris DPRD Kota Madiun Misdi ketika membacakan susunan anggota fraksi DPRD.
Setelah itu, ada Fraksi Demokrat yang diketuai oleh Djoko Wahardi dengan wakilnya, Istono. Serta sekretaris fraksinya adalah Sugeng. Di kubu Fraksi Perindo, ketuanya adalah Armaya. Sedangkan, Yuliana dipasrahi menjadi wakil ketua dan Hari Santoso sebagai sekretaris fraksi.
Sedangkan, pada Fraksi PKB ketuanya adalah Ngedi Trisno Yhusianto. Lalu, wakilnya Agus Wiyono dan sekretarisnya adalah Suyarto. Sementara, di sisi lain, Gerindra akhirnya menunjuk Rina Haryati sebagai ketua fraksi partai berlambang burung garuda merah itu di DPRD. Dia bakal didampingi oleh Slamet Hariyadi (wakil ketua) dan Handoko Budi Setyo (sekretaris).
Untuk fraksi gabungan Mantab disepakati bahwa F Bagus Panuntun dari PSI sebagai ketua fraksinya. Selain itu, ada Dedi Tri Arifianto dari Golkar diusulkan menjadi wakil ketua dan posisi sekretaris diisi oleh Winarko juga dari Golkar. Sementara, untuk Fraksi PKS-PAN diketuai oleh Nur Salim dari PKS. Serta, sekretarisnya adalah Subyantara. (setwan-ppid)