Madiun – Selain mitigasi bencana, kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana merupakan langkah preventif dalam mengantisipasi penanggulangan bencana. Hal tersebut juga ditujukan untuk merubah paradigma dari responsif menjadi preventif.

 

Berkaitan hal tersebut, Ketua DPRD Kota Madiun, Andi Raya BMS, turut hadir pada kegiatan apel kesiapsiagaan bencana yang diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Madiun, hari ini, Rabu (27/10).

 

Apel yang diselenggarakan di Ngrowo Bening Edupark, juga dihadiri forkopimda Kota Madiun dan seluruh elemen baik itu dari BPBD, Kepolisian, pramuka hingga dari TNI.

 

Pada kesempatan tersebut juga disajikan atraksi simulasi penanganan korban bencana alam yang dilakukan oleh kolaborasi antara berbagai elemen yang ada di Kota Madiun.

 

Pimpinan DPRD berpesan bahwa dalam penanganan kebencanaan agar terjalin koordinasi yang harmonis antar berbagai elemen tersebut, karena dengan koordinasi yang baik maka penanganan kebencanaan dapat lebih efektif dan responsif. (ppid setwan)