Skip to content

Pengambilan Keputusan yang didahului Pandangan dan Pendapat Akhir Fraksi-fraksi DPRD atas 3 Raperda Inisiatif Tahap I Tahun 2024

Madiun-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Madiun menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Pengambilan Keputusan yang didahului Penyampaian Pandangan Sekaligus Pendapat Akhir Fraksi-fraksi atas 3 Raperda Inisiatif DPRD Tahap I Tahun 2024, Jum’at (26/1) di Gedung Paripurna DPRD Kota Madiun.
 
Bukti nyata DPRD yang responsif serta akuntabel, DPRD Kota Madiun menindaklanjuti Pembahasan tentang Raperda Tahun 2024 yang telah disepakati antara Pemerintah Kota Madiun dan DPRD Kota Madiun yang sebelumnya telah disampaikan nota penjelasan Bapemperda DPRD Kota Madiun pada hari Kamis (25/1)
Dikarenakan 7 Fraksi sudah merasakan cukup maka pemandangan Umum dan pendapat Fraksi-fraksi di gabung menjadi satu dan Juru Bicara gabungan 7 fraksi dibacakan oleh Nursalim.
 
Lebih lanjut Nursalim menyampaikan beberapa hal yang perlu di benahi dalam 3 Raperda tersebut mulai dari substansinya yang belum mengatur secara jelas terlebih perihal pemerintah daerah dalam melindungi data masyarakat serta substansi lain yang penjelasannya dirasa kurang. Selain itu, fokus perubahan utama di sektor UMKM dirasa belum memiliki upaya yang cukup kuat untuk mengembangkan sektor tersebut.
 
“substansinya yang belum mengatur secara jelas terlebih perihal pemerintah daerah dalam melindungi data masyarakat serta substansi lain yang penjelasannya dirasa kurang. Selain itu, fokus perubahan utama di sektor UMKM dirasa belum memiliki upaya yang cukup kuat untuk mengembangkan sektor tersebut” Jelasnya
 
Wakil Ketua DPRD sekaligus Pimpinan Rapat, Istono dalam sambutannya menyampaikan selanjutnya akan dilakukan pembahasan lebih lanjut terhadap 3 Raperda Inisiatif Tahap I Tahun 2024 ini dan juga diperlukan adanya perubahan dan penyempurnaan sebelum disampaikan ke Pemerintah Kota Madiun.
 
“Tahapan berikutnya draft rancangan Peraturan Daerah Inisiatif DPRD dimaksud akan dibahas lebih lanjut dengan membentuk Panitia Khusus (Pansus) DPRD Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Inisiatif DPRD.” Ungkapnya. (PPIDsetwan)