Skip to content

Tingkatkan Kewaspadaan, Jaga Diri dan Keluarga dengan Disiplin Protokol Kesehatan

MADIUN – Kasus sembuh dan konfirmasi baru kembali bertambah di Kota Madiun, Senin (30/11). Kasus sembuh kali ini datang dari nomor 196 dan 201. Masyarakat wajib terus meningkatkan kewaspadaan mengingat kasus penularan masih terus terjadi.

Kasus sembuh nomor 196 berinisial NBJ (23) berjenis kelamin perempuan warga Kelurahan Pandean. NBJ terkonfirmasi pada 20 November lalu. NBJ merupakan kontak dari kasus nomor 178. NBJ sempat mengeluh tidak enak badan dan flu setelah riwayat perjalanan bersama kasus nomor 178 ke Yogyakarta. Seperti diberitakan, kasus nomor 178 merupakan warga Kelurahan Pandean yang mempunyai riwayat bepergian ke Yokyakarta dan Solo untuk urusan keluarga. Nomor 178 ini terkonfirmasi Covid-19 pada 12 November lalu.

Kasus sembuh nomor 201 berinisial ADP (14) berjenis kelamin perempuan warga Kelurahan Taman. ADP terkonfirmasi pada 21 November lalu. Kasus konfirmasi ini berawal dari skrining sekolah persiapan kegiatan belajar-mengajar (KBM). ADP diketahui memiliki riwayat perjalanan ke Pacitan sebelumnya. Selain itu, ADP juga mempunyai kontak erat yang bekerja di luar kota dan rutin pulang seminggu sekali ke Kota Madiun. Pun, yang bersangkutan pernah terkonfirmasi Covid-19 beberapa bulan yang lalu.

Kasus Konfirmasi

Konfirmasi nomor 213
Kasus nomor 213 berinisial IW (41) berjenis kelamin perempuan warga Kelurahan Josenan. IW merupakan kontak kasus konfirmasi nomor 210 dan nomor 200. Berstatus kontak erat, IW dilakukan rapid test dan hasilnya reaktif kendati tidak ada keluhan Pemeriksaan swab dilakukan dan IW juga positif Covid-19. IW menjalani isolasi di salah satu rumah sakit di Kota Madiun dalam kondisi stabil tanpa keluhan.

Konfirmasi nomor 214
Kasus nomor 214 berinisial TA (7) berjenis kelamin laki-laki warga Kelurahan Winongo. TA diketahui mempunyai hasil rapid reaktif dari skrining sekolah untuk persiapan pembelajaran tatap muka. Pemeriksaan swab dilakukan dan hasilnya inkonklusif alias meragukan sehingga perlu dilakukan swab ulang. Hasil swab kedua IW menyatakan positif Covid-19. TA bersama keluarga diketahui mempunyai riwayat perjalanan ke Sidoarjo pada pertengahan bulan lalu. TA menjalani isolasi mandiri dalam kondisi stabil dan di bawah pengawasan petugas wilayah.

Konfirmasi nomor 215
Kasus nomor 215 berinisial SR (67) berjenis kelamin laki-laki warga Kelurahan Tawangrejo. SR mengeluh sakit perut, mual dan tidak mau makan pada pertengahan bulan lalu. SR lantas berobat ke beberapa rumah sakit hingga akhirnya di rawat di ruang isolasi di salah satu rumah sakit di Kabupaten Magetan karena hasil rapid reaktif. Swab dilakukan setelahnya. SR meninggal dunia sebelum hasil swab keluar. Kendati begitu, pemakaman SR tetap dilakukan dengan protokol kesehatan. SR dinyatakan positif Covid-19 dari hasil yang keluar beberapa hari kemudian.

Kasus konfirmasi menjadi 215 orang dengan 183 di antaranya telah sembuh. 16 lainnya masih dalam perawatan, lima orang isolasi mandiri di rumah, dan sebelas orang meninggal dunia. Tambahan satu kasus meninggal dari nomor 215 di atas.

Sumber : Madiun Today